PRAJURIT SATLINLAMIL JAKARTA BERLATIH SIAGA ANTISIPASI HURU HARA


Jakarta, 13 Desember 2019 -Satya Wira Jala Dharma. Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta melaksanakan latihan penindakan huru-hara (DAKHURA) yang berlangsung di dermaga beaching, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (12/12).

Kegiatan ini diikuti 50 prajurit staf Mako Kolinlamil dan unsur KRI jajaran Satlinlamil Jakarta yang sudah memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menanggulangi tindakan huru-hara.
“Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan penindakan dan pengendalian massa, pasukan Dakhura dibekali teori dasar pembentukan formasi hingga praktek perubahan formasi PHH yang satu ke formasi lainnya,” jelas Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Hery Winarno.

Latihan ini dipimpin langsung oleh Perwira Staf Operasi Satlinlamil Jakarta Mayor Laut (P) Mulyono yang bekerjasama dengan Yonmarhanlan Lantamal III Jakarta. Dalam latihan ini peleton PHH menerima tiga materi latihan meliputi : latihan formasi, latihan penindakan masa, dan latihan penyelamatan korban massa. Untuk Latihan formasi ada empat formasi latihan yang dilaksanakan antara lain  formasi bersaf, formasi paruh lembing, formasi eselon kanan/kiri, dan formasi haluan kanan/kiri.

Selama kurang lebih dua jam pasukan Ton PHH dengan penuh semangat memperagakan gerakan demi gerakan secara apik sesuai instruksi yang diberikan oleh pelatih pasukan anti huru hara dari Yonmarhanlan III Jakarta Lettu Mar Ahmad Yasroni.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M disela-sela kegiatannya menyampaikan bahwa melalui latihan penindakan huru hara diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan prajurit Kolinlamil khususnya Satlinlamil Jakarta dalam membantu pihak kepolisian Polri dalam mengatasi aksi huru hara, demonstrasi atau aksi massa diwilayah Jakarta Utara.

Berdasarkan UU RI Nomor 34 tahun 2004, diantara tugas TNI dalam operasi militer selain perang adalah membantu tugas pemerintahan di daerah dan membantu kepolisian negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang.

Sementara itu Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Hery Winarno, mengatakan latihan ini merupakan program satuan yang diinstruksikan oleh Panglima Kolinlamil, dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit dalam penindakan dan pengendalian demonstrasi massa.

“Latihan ini pada dasarnya untuk merefresh kembali teknik dan taktik dalam Penindakan Huru-Hara sehingga profesionalismenya prajurit tetap terjaga guna mengantisipasi segala kemungkinan situasi pengerahan demonstrasi massa yang akan terjadi”, ucap Komandan. (Dispen Kolinlamil).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.