JAJARAN KOLINLAMIL LAKSANAKAN SALAT GERHANA MATAHARI


Jakarta, 26 Desember 2019 - Satya Wira Jala Dharma. Jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan Salat dzuhur berjamaah dilanjutkan sholat gerhana di Masjid Attauhid, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (26/12). Salat gerhana berjamaah ini dihadiri Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H., Irkolinlamil, para Asisten, Komandan Satlinlamil Jakarta, Kasatker/Kadis dan Komandan KRI yang berada di pangkalan Jakarta.

Salat gerhana sebanyak 2 rakaat ini dipimpin Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Kolinlamil Letkol Laut (KH) Chumaidi, S.Ag. sekaligus memyampaikan khutbah tentang salat sunnah gerhana matahari.

Sejak pekan lalu Kementerian Agama sudah mengimbau umat Islam yang daerahnya terlintasi gerhana matahari cincin melaksanakan sholat kusuf atau sholat gerhana matahari. "Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat sunnah gerhana matahari atau yang disebut Salat Kusuf," kata Plh Dirjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi, dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Salat Kusuf dilakukan sebanyak dua rakaat. Salat dilakukan berjamaah dan dilengkapi dengan khutbah setelah salat dilakukan.

Rukun Salat Gerhana hampir sama dengan rukun salat pada umumnya. Namun sedikit ada perbedaan rukun saat itidal setelah rukuk. Jamaah tidak langsung sujud, melainkan kembali membaca surat Al-Fatihah dan satu surat lainnya.

Kemudian jamaah kembali rukuk dan itidal sebelum melakukan sujud. Sujud dilakukan dengan durasi yang sama dengan rukuk. Semua rukun itu dilakukan pula dalam rakaat kedua dan ditutup dengan salam.

Setelah salat, imam lalu menyampaikan khutbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdoa, beristighfar, sedekah, dan hal baik lainnya. Sesungguhnya Gerhana Matahari yang terjadi hari ini adalah tanda tanda kebesaran Allah SWT. (Dispen Kolinlamil).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.