LATIH KESIAPSIAGAAN UNSUR, SATLINLAMIL SURABAYA GELAR GLAGASPUR TINGKAT III


JAKARTA, 25 Desember 2109 - Satya Wira Jala Dharma. Guna melatih kesiapsiagaan unsur-unsur Kapal Perang di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) agar mampu melaksanakan kegiatan tempur.

Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya selaku Komando Pelaksana Pembinaan (Kolakbin) menggelar latihan uji terampil Tingkat III/L-3 terhadap tiga KRI dibawah kendalinya yakni KRI Banjarmasin 592, KRI Teluk Parigi 539 dan KRI Teluk Lampung 540 Senin (23/12).

Latihan ini dibuka oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, SH yang mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M.

Dalam amanatnya, Pangkolinlamil mengatakan bahwa latihan L3 unsur Kolinlamil ini merupakan salah satu realisasi dari fungsi pembinaan untuk meningkatkan kemampuan prajurit dan unsur Kolinlamil. Disamping juga sebagai tolak ukur pembinaan kemampuan dan kekuatan unsur Kolinlamil, sekaligus untuk mengukur kesiapsiagaan operasional dan kerjasama taktis unsur Kolinlamil sesuai fungsi asasinya.

Latihan Uji Terampil Tingkat III/L-3 ini dilaksanakan oleh dua KRI Kolinlamil yang berjenis Frosch-I/Type 108 dan satu KRI jenis Landing platform dock (LPD) di Perairan Laut Jawa. Dalam tahap manuver lapangan mulai dari Pangkalan Surabaya sampai Situbondo dan kembali ke Pangkalan Surabaya mulai 27 - 31 Desember 2019.

Sasaran latihan pada uji terampil Tingkat III/L-3 ini, diharapkan KRI mempunyai kemampuan tempur yang meliputi mampu memecahkan persoalan taktis dilaut dalam suatu formasi tugas tempur sesuai fungsi asasi dan melaksanakan peperangan dan pertahanan kapal dalam formasi tugas tempur dilaut secara terbatas, meliputi : peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti kapal selam, peperangan udara dan peperangan ranjau.

Latihan uji terampil Tingkat III/L-3 ini merupakan latihan bertingkat dan berlanjut karena merupakan latihan lanjutan dari latihan-latihan yang telah dilaksanakan sebelumnya, artinya kapal-kapal yang akan melaksanakan uji terampil Tingkat III/L-3 harus sudah lulus pada uji terampil Tk I/L1 dan uji terampil Tingkat II/L2.

Dan latihan L3 ini sebagai tolak ukur untuk dapat melaksanakan latihan yang lebih tinggi lagi yakni uji terampil Tingkat IV/L4, Latihan Armada Jaya maupun Latihan Gabungan TNI/Latgab TNI. (Dispen Kolinlamil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.