PENYERAHAN DUA UNIT KAL 28 METER PERKUAT ALUTSISTA TNI AL


Komandan Pangkalan utama TNI AL XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi beserta Ketua Korcab XII DJA I Ny. Nana Agus Hariadi menerima Kunjungan Kerja Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adjie dalam rangka acara Serah Terima 2 Unit KAL 28 meter Produksi Galangan Steadfast Marine Tbk., di  Mako Lantamal XII, Jalan Komyos Sudarso No. 1 Jeruju, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (16/12/2019).

Kedatangan Kasal beserta rombongan Perwira Tinggi (Pati) Mabesal di Mako Lantamal XII Pontianak merupakan agenda acara dalam rangka serah terima 2 unit KAL 28 meter, yaitu  KAL ANYER I-3-64 dan KAL RAJEGWESI II-5-40 yang di Produksi Galangan Steadfast Marine Tbk dan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima KAL 28 meter.

Kasal dalam amanatnya menyampaikan bahwa kebijakan pemerintah didalam memajukan industri dalam negeri telah menyertakan industri pertahanan nasional didalamnya. Hal ini tidak saja mendorong roda perekonomian dalam negeri, namun juga menjadi pilar kokoh dalam kemandirian industri pertahanan indonesia di masa mendatang.

Sebagai wujud nyata kontribusi TNI Angkatan Laut dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam mengembangkan kapasitas dan kemampuan industri galangan kapal nasional, maka pada tahun 2019 TNI Angkatan Laut telah melakukan kontrak dengan galangan kapal PT. Steadfast Marine untuk pengadaan dua unit kal 28 meter yang dilengkapi senjata dan merupakan hasil produksi PT. Steadfast Marine yang pertama kali digunakan dan dioperasikan di jajaran TNI Angkatan Laut.

Mengacu pada kebutuhan operasional TNl Angkatan Laut, kedua unit KAL 28 meter akan dioperasikan sebagai kapal patroli guna melaksanakan fungsi dan tugas patroli keamanan laut terbatas diwilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia khususnya untuk mengamankan perairan pedalaman dan pelabuhan.

Berbicara tentang kemampuan yang dimiliki, KAL 28 meter ini dirancang untuk dapat bermanuver dengan cepat dan lincah dengan kecepatan maksimal mencapai 28 knot dan kecepatan jelajah 18 knot serta mampu menjangkau jarak 648 mil selama 3 hari dengan kapasitas tanki bahan bakar 15.000 liter dan kapasitas tanki AIR tawar 5.000 liter. Selain itu, mesin kapal juga dirancang untuk dapat menggunakan bahan bakar 820 dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dalam pemanfaatan biodiesel.

Diakhir sambutannya, Kasal menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Direktur Utama PT. Steadfast Marine beserta jajarannya yang telah berhasil membangun dua unit KAL 28 meter dan melakukan penyerahan tepat waktu. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada Aslog Kasal, Kadismatal, Dansatgas Yekda dan semua pihak yang telah berkontribusi atas keberhasilan proyek pembangunan dua unit KAL 28 meter ini.

Hadir dalam acara tersebut , Aslog Kasal, Aspotmar Kasal, Waasrena Kasal, Kadispenal, Kadiskomlekal, Kadisbekal, Kadismatal, Kadissenlekal, Kadisopslatal, Kadislaikmatal, Danpuspomal, Danguskamla Koarmada I, Koorsmin Kasal, Kasubag Evalap Kasal, Wadanlantamal XII, Asrena Danlantamal XII, Asops Danlantamal XII, Aspers Danlantamal XII, Aslog Danlantamal XII, Aspotmar Danlantamal XII, Direktur Utama PT. Steadfast Marine Tbk., Para Kadis dan Kasatker Lantamal XII dan Prajurit Lantamal XII Pontianak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.