PERAN KOARMADA I DALAM MENJAGA LAUT NATUNA



Koarmada I gelar kekuatan unsur di Laut Natuna untuk menjaga kedaulatan dan menegakkan hukum di laut yurisdiksi nasional dengan melaksanakan operasi sepanjang tahun secara terus-menerus sebagai naval presence di wilayah laut yurisdiksi nasional Indonesia, Jumat (10/1/2020).

Operasi di Laut Natuna, Koarmada I menggelar 8 unsur KRI dalam Operasi Siaga Tempur Laut 2020 dengan peningkatan interoperability dengan kekuatan udara pesawat patroli maritime TNI AL dan Pesawat Intai Boeing 737 TNI AU. Pengerahan kekuatan udara TNI AU juga diperkuat dengan hadirnya 4 pesawat F-16.

Pergerakan unsur KRI yang berada di lapangan ditinjau langsung oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dengan menggunakan pesawat intai strategis Boeing 737 TNI AU, sekaligus memantau situasi yang berkembang secara langsung di lapangan.

Interoperability yang diselenggarakan didukung dengan berbagai asset TNI AU diantaranya Satuan Radar 212 yang mampu memberikan cover penginderaan udara sampai dengan 250 NM selama 24 jam.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Yudo Margono menegaskan bahwa interoperability dalam mengendalikan laut yurisdiksi nasional serta kehadiran secara terus menerus dalam menjaga kedaulatan dan penegakan hukum di laut sangat diperlukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.