7 PERWIRA REMAJA PERKUAT JAJARAN KOLINLAMIL


Jakarta, 10 Januari 2020 - Satya Wira Jala Dharma. Sebanyak 7 orang perwira remaja berpangkat letnan dua lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-64 tahun 2019, resmi memperkuat jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). Para perwira remaja diterima langsung Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., dalam upacara tradisi khas TNI AL di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (10/1).

7 perwira remaja tersebut terdiri dari 3 orang korps pelaut (2 orang perwira kowal), 2 orang korps teknik, 1 orang korps Elektro dan 1 orang korps Suplai.
Pada upacara yang digelar siang hari, Pangkolinlamil didampingi  Ketua pengurus gabungan jalasenastri Kolinlamil menyiramkan Tirta Amerta Putera Samudera Dewaruci, kepada para perwira remaja, setelah mengucapkan ikrar.

“Tirta Amerta Putera Samudera Dewaruci itu berarti air kehidupan bagi prajurit matra laut. Hal ini mengandung makna bahwa laut adalah tempat lahir dan medan juang kalian dalam mengabdi kepada nusa dan bangsa,” kata Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., saat menyampaikan amanat pada upacara penerimaan itu.
Dalam amanatnya Panglima Kolinlamil juga menyampaikan kepada para perwira remaja bahwa ini adalah penempatan awal dalam penugasan menempati jabatan sebagai perwira divisi.

“Strata perwira dalam struktur jabatan militer memiliki peran strategis untuk mampu bertindak sebagai pemimpin dengan senantiasa mengedepankan keteladanan dalam sikap dan perbuatan” ujar Panglima Kolinlamil.
Selain itu perwira juga harus mampu mengembangkan inovasi dan kreatifitas serta dapat menemukan solusi dalam setiap permasalahan yang muncul dilingkungan kerjanya.

Selain itu, menurut Panglima Kolinlamil, prosesi ini juga memberi makna betapa besar perhatian seorang ibu untuk memberikan bekal dan doa restu kepada perwira remaja agar selalu dalam perlindungan dan semangat Dewa Laut (Dewaruci) serta ketika melaksanakan penugasan dan menempuh karier selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.
Tradisi penerimaan yang sejatinya digelar menjelang fajar bertujuan menunjukkan kepada para perwira remaja, bahwa dini hari menggambarkan dimulainya karier mereka di lingkungan TNI AL.

“Simbol-simbol yang terkandung dari proses alam ini, mencerminkan proses kehidupan dalam meniti karier di kedinasan TNI AL. Sebagaimana matahari yang berputar pada orbitnya, maka proses pendewasaan jati diri setiap prajurit TNI AL akan selalu berjalan secara alamiah mulai dari pendidikan pertama sampai dengan melaksanakan penugasan,”.

Menurutnya, tradisi penerimaan yang digelar bertujuan menunjukkan kepada para perwira remaja, menggambarkan dimulainya karier mereka di lingkungan TNI AL.

Acara penerimaan ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Panglima Kolinlamil didampingi Ibu ketua PG Jalasenastri Kolinlamil, Kas Kolinlamil, para pengurus PG Jalasenastri Kolinlamil, pejabat utama, kasatker dan Kadis serta seluruh peserta acara yg hadir. (Dispen Kolinlamil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.