SATLINLAMIL SURABAYA LATIHAN SIMULASI PENANGGULANGAN COVID 19 DI KRI TELUK PARIGI 539



Jakarta, 22 April 2020 - Satya Wira Jala Dharma. Menindaklanjuti latihan penanggulangan dampak wabah Corona Virus Disease atau Covid-19 Tahun Anggaran 2020 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), jajaran Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya melaksanakan praktek lapangan yang berlangsung di Dermaga Cepu, Ujung, Surabaya, Rabu (22/4).

Pelaksanaan ini sebagai kelanjutan dari pembekalan yang sebelumnya telah dilaksanakan paparan dari gugus tugas yang ada di Jakarta melalui video teleconference.

Latihan yang dilaksanakan di KRI Teluk Parigi 539 yang sedang sandar tersebut meliputi tentang penggunaan alat pelindung diri, masker, penyemprotan disinfektan dan simulasi embarkasi personel serta material.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Hery Prihartanto secara simbolis menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Komandan KRI Teluk Parigi 539 Letkol Laut (P) Tri Hidayat, M.Tr (Hanla) dan Komandan KRI Teluk Lampung 540 Letkol Laut (P) Edi Herdiana, M.Tr (Hanla) dalam mendukung pelaksanaan latihan Covid 19.

Komandan Satlinlamil Surabaya menjelaskan bahwa dalam latihan ini merupakan persiapan bagi Kolinlamil dalam hal ini Satlinlamil Surabaya dan TNI AL secara umum, untuk harus selalu siap apabila ada perintah dari pimpinan untuk mengevakuasi sejumlah besar masyarakat yang akan dipindahkan dari suatu daerah satu kedaerah lainnya.

“Para prajurit harus memahami dan melaksanakan praktek lapangan ini dengan semangat, teliti dan penuh tanggung jawab, sebagai pelaku dilapangan latihan ini merupakan tolak ukur dalam pelaksanaannya nanti dan bagaimana yang harus dikerjakan terutama satuan kesehatan yang ada di jajaran Satlinlamil Surabaya, terapkan sesuai SOP dan zero accident dalam pelaksanaannya” kata Komandan dalam arahannya.

Seluruh prajurit yang terlibat dalam latihan ini dalam kondisi siap, termasuk unsur-unsur KRI jajaran Satlinlamil Surabaya seperti KRI Teluk Bintuni 520, KRI Teluk Parigi 539 dan KRI Teluk Lampung 540. Sedangkan KRI Banjarmasin 592 sedang melaksanakan operasi angkutan laut militer mendukung RS Darurat Covid-19 Pulau Galang.

2 diantara 4 Kapal-kapal perang jajaran Satlinlamil Surabaya memang telah berusia tua, namun berkat sistem pemeliharaan terpadu dan perawatan yang sesuai dengan standard prosedur pemeliharaan, KRI-KRI tersebut siap untuk dioperasikan.

Sementara itu unsur-unsur KRI dan personelnya yang melaksanakan latihan ini juga melaksanakan penyemprotan disinfektan dan menjalani protokol kesehatan lainnya.  Latihan berjalan dengan baik sesuai skenario yang telah ditetapkan berdasarkan Protokol Kesehatan Penanganan Wabah Covid-19.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mengatakan bahwa latihan penanggulangan dampak wabah Covid-19 yang sedang berlangsung ini, merupakan salah satu langkah penyiapan bagi TNI AL apabila dibutuhkan untuk melaksanakan pergeseran personel dan material saat terjadi evakuasi warga masyarakat.

“Latihan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan prajurit dalam mendukung aksi Gugus Tugas Covid-19 dalam rangka penanggulangan dampak wabah Covid-19 di wilayah NKRI khususnya untuk mendukung pergeseran personel dan material kesehatan maupun pasien ODP dan PDP apabila dibutuhkan secara cepat” kata Panglima Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.