LANGKAH PREVENTIF DEMAM BERDARAH, ASAP FOGGING MENGEPUL DI MAKO KOLINLAMIL



Jakarta, 25 April 2020 -
Satya Wira Jala Dharma. Meski dunia sedang terjangkit wabah virus corona atau covid 19, tentu juga bukan berarti apatis dengan penyakit lain yang juga cukup berbahaya seperti DBD atau Demam Berdarah Dengue. Memasuki pancaroba musim hujan ke musim panas, Demam Berdarah merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Untuk mengantisipasi hal tersebut, petugas Dinas Kesehatan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melakukan pengasapan (fogging), di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (24/4).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kolinlamil Letkol Laut (K) dr. Ari Widiyasa, SP.OG menyampaikan bahwa Diskes Kolinlamil sedang melaksanakan kegiatan pencegahan penyebaran virus corona dan Demam Berdarah Dengue (DBD) di lingkungan Kolinlamil diantaranya kantor, gudang dan gedung.

Adapun pelaksanaan pengasapan (fogging) yang dilaksanakan oleh Diskes Kolinlamil tersebut hanyalah salah satu upaya mematikan mata rantai perkembangan nyamuk Aedes Aegepty yang mudah berkembang.

Ditambahkan Kadiskes Kolinlamil, pencegahan demam berdarah dapat dilakukan dengan 3M yakni menutup bak penampungan air, menguras bak mandi dan mengubur kaleng-kaleng bekas serta memelihara kebersihan lingkungan.

Perlu diketahui, meski sama-sama disebabkan oleh virus, DBD dan Covid-19 memiliki sejumlah perbedaan, DBD disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti pembawa virus dengue sedangkan covid 19 disebabkan virus novel corona.

“Setelah melaksanakan pengukuran suhu tubuh kepada personel Kolinlamil dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona, kegiatan dilanjutkan dengan fogging atau pengasapan yang dimulai dari Gedung Laut Natuna, Gedung Laut Jawa sampai Laut Sulu, Masjid At-tauhid, gedung olahraga, parkiran mobil-motor dan keliling gedung Kesatrian Mako Kolinlamil,” katanya lagi.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E, M.M. selalu mengingatkan dan mengajak seluruh prajurit beserta keluarganya untuk selalu membudayakan lingkungan yang bersih, rapih dan indah sehingga meminimalisir berkembangnya jentik-jentik nyamuk yang berpotensi menularkan penyakit khususnya penyakit Demam Berdarah.(Dispen Kolinlamil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.