MANFAATKAN LAHAN TIDUR, PRAJURIT SATLINLAMIL SURABAYA TANAM SAYUR DAN BUDIDAYAKAN IKAN




 Satya Wira Jala Dharma. Salah satu mewujudkan misi ketahanan pangan nasional, prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami sayuran dan membudidayakan ikan. Hal itu dilakukan disela-sela usai melaksanakan olahraga Jumat, (17/4) di area Mako Satlinlamil Surabaya.

Prajurit Satlinlamil Surabaya melakukan kegiatan tanam sayuran, pohon berbuah dan rempah-rempah di area lahan tidur Markas Satlinlamil Surabaya. Lahan yang kurang efektif tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan Ecofarming (budidaya pertanian yang mengusahakan tercapainya keharmonisan dengan lingkungan) dan kolam ikan serta udang.

Komandan Satlinlamil Surabaya Kolonel Laut (P) Hery Prihartanto memimpin langsung prajuritnya untuk mengerahkan kemampuan menggarap lahan tidur di area Mako sebagai wujut kepedulian pimpinan memberikan kesejahteraan berupa ciptakan lingkungan yang bermanfaat.

Tak hanya tanaman sayuran, pada area lahan tersebut, juga dibuat kolam untuk menabuh benih ikan. Tujuannya agar hasil dari kolam dapat meningkatkan gizi keluarga. Untuk itu, Komandan Satlinlamil Surabaya pun berharap agar pasukannya dapat terus konsisten melaksanakan aksi ini sebaik-baiknya. Ini juga sebagai salah satu bentuk kepedulian pimpinan terhadap kesejahteraan anggotanya.
“Dengan membuat kolam ikan dan udang serta lahan siap tanam dengan menanam berbagai tanaman sayur mayur, pohon berbuah dan rempah-rempah, Kita manfaatkan lahan di area Mako yang berpotensi sebagai salah satu cara untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan prajurit” tutur Komandan.

Selain itu kegiatan ini juga merupakan sosialisasi yang telah diperintahkan oleh pimpinan TNI AL. Satlinlamil Surabaya telah mengelola lahan tidur tersebut sejak bulan Februari lalu, sehingga kini telah dapat menikmati hasilnya berupa panen udang dan ikan.  ,

Dalam kesempatan tersebut, Komandan bersama prajurit melaksanakan panen udang dan ikan. Tampak mereka begitu bersemangat mengambil alat jaring untuk ikan-ikan dikolam yang siap panen.

Saat memanen. Komandan menyampaikan pesan kepada seluruh prajurit agar terus aktif dan inovatif melaksanakan kegiatan yang sifatnya tidak mengganggu tugas kedinasan namun tetap berkarya untuk kemajuan satuan dengan berbuat hal-hal yang positif.

“Seperti yang kita laksanakan saat ini, laksanakan segala kegiatan dengan serius, teliti dan terprogram untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai harapan pimpinan yang dipercayakan kepada kita” ujarnya.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mengatakan kegiatan pemanfaatan lahan tidur yang dilakukan di Markas Satlinlamil Surabaya sekaligus sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman antara TNI dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. Prajurit pun mengimplementasikannya denga memanfaatkan lahan tidur yang kurang produktif tersebut. (Dispen Kolinlamil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.