KRI BANJARMASIN 592 SANDAR DI JAKARTA DEBARKASI 2 BATALION AD


Jakarta, 7 Februari 2020 - KRI Banjarmasin 592 sandar di Dermaga 300 JICT II, Kamis (6/2) untuk debarkasi Batalion Infanteri 712/Wiratama dan 715 /Motuliato yang akan mengikuti latihan pembentukan Batalion Raider di Pusdikpassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

Kapal perang TNI AL yang berada dibawah kendali Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) tersebut melaksanakan debarkasi prajurit 650 prajurit Yonif 715/Motuliato dan 100 prajurit Yonif 712/Wiratama dari Sulawesi Utara ini berikut material dan perlengkapan seperti senjata perorangan, kendaraan truk dan kendaraan taktis yang dipergunakan dalam mendukung latihan pembentukan Raiders ini.

 “Selama lintas laut kondisi platform maupun sewaco serta mesin kapal dalam kondisi baik, siap melaksanakan operasi. Kondisi prajurit pun siap secara fisik dan profesional dengan terus berlatih selama melaksanakan operasi” kata Komandan KRI Banjarmasin 592 Letkol Laut (P) Sobarudin, M.Tr Hanla.
KRI Banjarmasin 592 yang sehari-harinya berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya ini, sebelumnya tolak dari pelabuhan Gorontalo pada akhir Januari lalu dan sempat sandar dibeberapa pelabuhan untuk melaksanakan bekal ulang.

Saat sandar di Gorontalo, KRI Banjarmasin 592 melaksanakan openship bagi masyarakat Gorontalo yang ingin mengenal kapal perang. Seperti pegawai Puskesmas Gorontalo yang berkunjung pada Kamis (30/1).
Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. mengatakan bahwa salah satu tugas pokok jajarannya adalah melaksanakan pergeseran kekuatan militer baik pasukan, peralatan tempur maupun logistik melalui laut di seluruh perairan Indonesia.

“Kegiatan lintas laut kapal perang Kolinlamil maupun yang berada diBawah Kendali Operasi (BKO) Kolinlamil dapat dilaksanakan pada saat damai maupun masa perang. Pergeseran pasukan maupun logistik dapat dilakukan dari suatu Pangkalan Angkatan Laut, Pelabuhan Umum, Pantai ke Pangkalan Angkatan Laut atau ke Pelabuhan Umum dan pantai lainnya” jelas Panglima Kolinlamil.

KRI Banjarmasin 592 adalah kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) merupakan hasil karya anak bangsa yang dibangun di galangan PT PAL, dan bergabung resmi di Angkatan Laut pada tanggal 28 November 2009.

selain sebagai kapal angkut pasukan, ranpur dan material juga mempunyai kemampuan docking dan undocking dalam rangka memproyeksikan kekuatan dari laut ke darat melalui landing craft unit, baik dalam operasi amphibi maupun operasi lainnya. (Dispen Kolinlamil)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

BERLANGSUNG MERIAH, INI 3 HAL YANG BIKIN AUTO KANGEN DWP