Peserta Siswa Mengenal Nusantara 2017 Provinsi Kalimantan Timur



 Bertempat di ruang rapat, Selasa (25/7). Menteri BUMN RI Rini M Soemarno bersama Deputi 

Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra dan Jajaran Direksi BUMN menyambut kedatangan para siswa siswi Provinsi Kalimantan Timur terpilih, dalam program Siswa Mengenal Nusantara atau SMN. 

SMN ini merupakan program pertukaran pelajar setingkat SMA dan Sederajat tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang digagas oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015 bertujuan untuk mewujudkanjiwa nasionalisme para SMN untuk mengenal, menjaga keragaman budaya dan kekayaan intelektual serta belajar kearifan local serta untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui kerja nyata yang berdampak Iangsung pada masyarakat. 

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemarmo mengucapkan selamat kepada siswa-siswi yang terpilih menjadi peserta SMN dan berharap agar peserta SMN belajar mengenai budaya dan BUMN. "Ambilah kesempatan ini untuk belajar tentang budaya dan mengetahui apa itu BUMN, BUMN milik rakyat, milik adik-adik semua." Tutur Menteri Rini. 

Rini menambahkan, yang paling utama dari program SMN ini adalah untuk menciptakan suasana supaya siswa-siswi ini saling mengenal satu sama Iain budaya-budaya yang ada di Indonesia. Memberi kesempatan kepada mereka melihat tempat Iain. Sehingga mereka bisa terbuka. Dengan demikian para generasi muda ini bisa lebih mengetahui Indonesia. 

Pada tahun 2017 ini, PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero) sebagai pelaksana utama Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi DKI Jakarta yang didukung penuh oleh PT KBN (Persero) dan PT PPA (Persero), PT JIEP (Persero) dan PT Sarinah (Persero) menerima 18 orang siswa berprestasi dan 2 orang siswa berkebutuhan khusus terpilih menjadi peserta program SMN Provinsi Kalimantan Timur. 


Program SMN 2017 diikuti sebanyak 20 pelajar SMA/SMK 20 pelajar berprestasi yang 20 persen di antaranya pelajar berkebutuhan.
Ke-20 pelajar berprestasi yang terpilih. Siswa - Siswi berasal dari 10 Kabupaten di Kalimantan Timur @2 orang per Kabupaten jumlah total 20 orang, Siswa/Siswi : 7orang Siswa dan 13 orang, Siswi pendamping 2 orang



Program Siswa Mengenal Nusantara yang digelar Badan Usaha Milik Negara dalam mengenalkan keragaman dan kekayaan budaya nusantara kepada generasi muda.

Menilai SMN merupakan program luar biasa. Ini merupakan langkah positif dalam membentuk karakter siswa dan untuk memperluas wawasan dalam mengenal budaya nusantara.

Program SMN yang digagas Kementerian BUMN dalam rangkaian program BUMN hadir untuk Negeri sebagai upaya pengenalan dan tukar menukar informasi antara daerah satu ke daerah lain di Tanah Air. SMN sebagai upaya tepat merajut keutuhan bangsa melalui keterlibatan generasi muda.


Program tersebut juga dinilai dapat memberi manfaat bagi pembelajaran siswa, setidaknya bermanfaat untuk mengenal budaya, suku, dan daerah dengan skala luas agar siswa semakin mencintai Tanah Air. 

Bila setiap individu sudah cinta Tanah Air, maka  tujuan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Keterlibatan siswa dalam program ini tentu luar biasa karena mereka inilah yang menjadi penerus pembangunan bangsa.



#sarinahindonesia
#sarinahitukeren
#SiswaMengenalnusantara
#sarinah#sarinahthamrin
#BUMN#BumnHadirBuatNegari
#SMN 2017


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

BERLANGSUNG MERIAH, INI 3 HAL YANG BIKIN AUTO KANGEN DWP