KOARMADA I SIAP DUKUNG PENGAMANAN PEMULANGAN WNI ABK KAPAL PESIAR



Pangkoarmada l Laksamana Muda TNl Ahmadi Heri Purwono selaku Pangkotama Ops siap memberikan  bantuan kepada Satuan Tugas evakuasi pemulangan WNI dalam bidang pengamanan dan pengawalan pemulangan ABK kapal pesiar MV. Costa Mediteranea. Hari ini sebanyak 326 orang ABK, turun dan disambut oleh Satuan tugas evakuasi di dermaga JICT II  Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. (Senin,15/6/2020)

Kapal pesiar MV. Costa Mediteranea sebelumnya berlayar dari Singapura, menuju Jakarta dan lego jangkar ± 2-3 Nm dengan menggunakan 4 unit thunderboat dan pengawasan pengamanan langsung oleh Tim Sea Rider Kopaska Koarmada I dan Satuan Patroli Lantamal III, ABK kapal pesiar MV. Costa Mediteranea mulai dievakuasi menuju Dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta utara, ABK sebanyak 326 WNI terdiri dari 294 Pria dan 32 Wanita, tiba didermaga disambut oleh Tim satgas, saat turun dari thunderboat langsung dilakukan pengarahan oleh Wadan Satgas Kolonel Marinir A. Beny Sarana mengenai peraturan penanganan Test Covid-19 sampai diketahui hasilnya, kemudian ABK diadakan penyemprotan disinfektan baik terhadap tubuh maupun barang bawaannya, untuk barang bawaan diwajibkan melewati X-Ray dari Tim Bea Cukai dan juga pemeriksaan oleh K-9/Anjing Pelacak Pom Lantamal III. Kemudian ABK diarahkan naik kedalam bus menuju ke Hotel Mercure Batavia Jakarta, setibanya di hotel langsung diadakan Swab Test (PCR) dari Tim KKP yang telah disiapkan sekitar 4 orang Tim medis, dan untuk setiap ABK akan menempati masing-masing 1 kamar, pemeriksaan dipimpin langsung oleh dr. Jefri Hasibuan Simbolon, M.Kes. (KKP Klas I Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta utara.

“Hari ini dilakukan debarkasi ABK Kapal pesiar MV. Costa Mediteranea merupakan kapal ke-14 dengan jumlah total 3729 orang, dimana sesampainya di dermaga Tim akan melakukan protocol covid-19, dan pemeriksaan baik terhadap orang maupun barang bawaan ABK oleh Tim Bea Cukai, setelah itu dibawa ke Hotel Mercure Batavia, disana mereka akan melaksanakan swab test (PCR) dan isolasi mandiri selama 14 hari, bila hasil pemeriksaan ada yang dinyatakan positif akan langsung dibawa ke Rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran dan bila dinyatakan negative akan diijinkan untuk kembali ke kampung halamannya.” Ungkap Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono.
 
Pada kesempatan yang sama Pangkoarmada l juga meninjau langsung evakuasi ABK Kapal pesiar MV. Costa Mediteranea di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta utara.

"Diharapkan semua masyarakat juga ABK tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah karena itu merupakan kunci dalam memutus rantai penyebaran seperti penggunaan masker, phisical distancing, cuci tangan secara benar, makan makanan sehat, dan berolahraga".

Lebih lanjut disampaikan bahwa Koarmada l siap mendukung kegiatan evakuasi maupun pengamanan dan pengawalan para ABK mulai dari proses penjemputan dari tengah laut saat kapal Lego jangkar, saat penurunan di dermaga JICT sampai menuju ke hotel untuk proses pemeriksaan dan karantina.

Hadir pada proses 
evakuasi ABK kapal pesiar MV. Costa Mediteranea di Dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta utara, yaitu Pangkogabwilhan l, Pangkoarmada l, Dansatgas, Wadansatgas, Dansat Kopaska Armada I, Kapolres Pelabuhan Tj. Priok, KKP, Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea cukai dan Pihak Agen Kapal/Principal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinotif Bimbel Spesialis Matematika, Fisika dan Kimia

Homeschooling dibidang Matematika, Fisika dan Kimia dengan Sinotif Lebih Mudah Untuk Mengontrol Pembelajaran Anak

Vitalis Sabun Mandi Yang Memiliki Keharuman Tahan Lama dan menjanjikan Pengalaman Mandi Yang Berbeda.